Main Area

Main

111 Warga Binaan Lapas Timika Dapat Remisi, Dua Langsung Bebas

Warga binaan Lapas Kelas II B Timika dalam sebuah kegiatan/ Foto: Istimewa

 

Mimika, Tabukanews.com - Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Timika memberikan remisi atau pengurangan masa tahanan kepada 111 warga binaannya pada peringatan hari Kemerdekaan RI ke-74, yang mana dari seratus lebih yang menerima remisi, dua warga binaan langsung bebas.

"Untuk jumlah warga binaan yang dapat remisi 111 orang, yang langsung bebas dua orang," kata Kepala Lapas kelas IIb Timika Marojahan Doloksaribu, Sabtu (17/8).

Ia menjelaskan, warga binaan yang mendapat remisi sesuai dengan jumlah yang diusulkan kepada Direktorat Jendral Pemasyarakat Kementrian Hukum dan HAM RI. Namun sering kali remisi tersebut terlambat diterima oleh warga binaan, sehingga saat salinan remisi diterima akan dilakukan remisi susulan.

"Yang kita usulkan itu 111, semua di setujui oleh ibu Dirjen, nanti yang sudah turun eksekusinya karena sering terlambat eksekusi sampai di Lapas kelas II b Timika, jadi nanti kita remisi susulan. Pokoknya di bulan ini," jelasnya.

Ia menjelaskan, pengusulan remisi kepada Ditjen Pemasyarakatan bagi warga binaan lapas karena berkelakuan baik selama menjalani masa hukuman, dengan tidak melanggar aturan yang diterapkan di lapas.

"Kalau pertimbangan pertama itu yang jelas berkelakuan baik itu tidak  melanggar aturan dan tata tertib di lapas," ungkapnya.

Ia juga menambahkan kalau sejauh ini jumlah keseluruhan warga bina di lapas kelas II B Timika sebanyak 315 orang, yang mana dua warga binaan telah bebas setelah mendapat remisi, dengan rincian 23 warga binaan wanita. 3 warga binaan di bawa umur, 59 warga binaan narkoba, dan sisanya merupakan warga binaan kasus kriminal.

"Jumlah warga binaan sekarang 315 orang dikurangi dua yang bebas itu berarti tinggal 313 orang, kalau perempuan ada 23 orang, kalau untuk narkoba ada 59 orang, warga binaan dibawa umur ada 3 orang," tambahnya. (Tim).

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika