Main Area

Main

10 Kali Lakukan Pencurian SPM,Dua Tersangka Dibawah Umur Berhasil Ditangkap

Tiga tersangka saat dihadirkan dalam press release. / Foto : Tim/TabukaNews.Com

Timika,TabukaNews.Com- Sebanyak 10 kali melakukan aksi pencurian sepeda motor diwilayah kota Timika,dua tersangka yang masih dibawah umur berinisial JT alias J (17) dan AK alias A (16) akhirnya dibekuk Tim Opsnal Reskrim Polres Mimika pada Jumat (1/11) lalu.

Selain dua tersangka,juga diamankan seorang penadah berinisial AR alias A. Hal dibeberkan oleh Kepolisian Mimika pada saat press release dihalaman Kantor Sentra Pelayanan Polres Mimika,Senin (4/11) yang dipimpin langsung oleh Wakapolres Mimika,Kompol I Nyoman Punia dengan didampingi oleh Kasat Reskrim,AKP I Gusti Agung Ananta Pratama dan Kabap Ops,AKP Andyka Aer.

Dalam press release yang disampaikan oleh Wakapolres,kedua tersangka curanmor dikenakan pasal 363 ayat 1 KUHP dengan ancaman penjara paling lama 7 tahun.Sementara untuk penadah dikenakan pasal 480 ayat 1 dengan ancaman penjara paling lama 4 tahun.

"Kita tetap proses ketiganya,sedangkan K dan P DPO,"ungkap Nyoman.

Tertangkapnya kedua tersangka dan penadah,kata Wakapolres ini berdasarkan laporan masyarakat bahwa pelaku JT sedang berada di pasar Damai,sehingga tim opsnal Reskrim Polres Mimika langsung melakukan penangkapan.

"Jadi setelah diamankan pelaku JT,tim opsnal melakukan pengembangan.Dan dari hasil pengembangan tim langsung mendatangi penadah hasil pencurian di salah satu bengkel di Jalan Kihajar Dewantara tepatnya dekat masjid Babusalam,"kata Nyoman.

Lanjut Nyoman,setelah mendapati penadah,tim opsnal langsung mengamankan tujuh unit sepeda motor.

"Setelah itu tim kembali melakukan pengembangan lagi dan akhirnya menangkap satu pelaku lagi yaitu AK di Kwamki Narama,,"ungkapnya.

Disampaikan juga Wakapolres,bahwa modus operandi yang dilakukan para tersangka curanmor ini,dengan cara dimana pelaku K (DPO) dan P (DPO) berperan dalam melihat situasi disekitar lokasi kejadian. Kemudian tersangka JT dan AK melakukan pencurian,setelah itu sepeda motor yang dicuri langsung dibawah ke penadah.

"Maksud dan tujuan mereka melakukan pencurian tersebut itu dijual untuk keperluan sehari-hari. Tersangka JT gunakan kunci T sedangkan AK gunakan dengan cara mematahkan stang stir kemudian menyambungkan kabel,"ungkapnya.

Sementara ditambahkan Kasat Reskrim,bahwa pengungkapan kasus curanmor ini atas perintah Kapolres,Wakapolres dan Kabag Ops yang mana situasi kamtibmas yang selama ini aman namun curanmor kembali meningkat.

"Jadi terkumpul saat ini ada 13 kendaraan sepeda motor sebagai BB,"ungkap Kasat Reskrim.

Disampaikan Kasat Reskrim,bahwa untuk  tersangka AR alias A yang sebagai penadah,terpaksa diproses karena menjual hasil curian kepada masyarakat umum untuk satu unit sepeda motor seharga Rp3-4 juta.

"Dia jual tanpa surat dan nomor rangka sama nomor mesin itu dihapus,"ungkap Kasat Reskrim.

Untuk diketahui tiga tersangka ini berhasil diamankan tim opsnal Reskrim Polres Mimika pada Jumat (1/11) dibawah pimpinan langsung Kanit Opsnal, Bripka Herman Sembay bersama anggotanya, Brigadir Sukria Atmaja,Brigadir Muh. Rasad,Briptu Idham Waisamalo dan Briptu Rio Kiriweno.(Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika