Main Area

Main

10 DKM Datangkan Penceramah Dari Luar Selama Ramadhan

Sekretaris PHBI Mimika, Roni Irnawan SKom/ foto : dok Tabukanews.com


TIMIKA, TABUKANews.com - Sedikitnya 10 Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) di Kota Timika mendatangkan penceramah dari luar untuk mengisi Ceramah Ramadan 2018 ini.  Sedangkan masjid yang lain menggunakan penceramah lokal.

"Ada 61 masjid.  Kami masih mengatur daftar penceramahnya. Kalau penceramah dari luar biasanya masjid-masjid tipe besar yang datangkan penceramahnya,"kata Sekretaris PHBI Mimika, Roni Irnawan SKom saat  dijumpai di SP 2 Senin (14/5).

Setiap penceramah dari luar,  kata Roni mesti mendapat verifikasi dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Kementerian Agama Kabupaten Mimika.  Hal itu penting, guna memastikan isi ceramah Dai bersangkutan tetap menjaga dan mendukung keberagaman serta kerukunan hidup umat beragama di Kabupaten Mimika.

"Soal verifikasi penceramah itu kewenangan MUI.  Kami hanya membantu mengatur.  Rata-rata yang diundang itu penceramah yang sudah familiar,  yang sudah biasa diundang ke sini.  Verifikasi biasanya untuk penceramah yang pertama kali diundang ke Timika," kata Roni.

Satu Ramadan 1439 Hijriyah atau 2018 Masehi diperkirakan jatuh pada Kamis 17 Mei 2018. Kepastiannya akan ditentukan Kementerian Agama RI melalui Sidang Isbat. (tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika