Main Area

Main

1 Agustus KPU Mimika Lakukan Pleno DPRD Kabupaten

 

Timika, TabukaNews. Com – Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Kabupaten Mimika meminta dukungan dan kerja sama seluruh lapisan masyarakat untuk menerima hasil keputusan apapun itu adalah hak demokrasi seluruh masyarakat Mimika. 

Hal tersebut disampaikan Ketua KPU Mimika Indra Ebang Ola didampingi Komisioner Divisi Teknis Penyelengara Dedy Nataniel Mamboay pada konferensi pers,  Selasa (30/07/19) di Kantor KPU Mimika. 

 

“Harapan kami semua masyarakat Mimika menerima hasil keputusan ini karena itu adalah hak aspirasi dan suara masyarakat yang telah memberikan pilihannya pada pesta demokrasi kemarin. Apa yang menjadi hasil pada pleno kemarin, itulah yang akan kami sampaikan,” ujarnya.

 

Pada kesempatan ini, Ketua KPU juga memberikan apresiasi kepada TNI-Polri, Bawaslu, Forkompinda, Partai Politik, para caleg, tokoh agama, tokoh masyarakat dan seluruh masyarakat Mimika yang telah mensukseskan Pemilu dan Pileg 2018.

 

“Kami berterimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan sepenuhnya kepada Komisioner KPU Mimika sehingga semua tahapan dari awal hingga selesai berjalan baik tanpa ada kendala yang berarti. Seacara khusus untuk rekan-rekan wartawan yang terus mendampingi kami dalam mempublikasikan semua tahapan ini,” ungkapnya.

 

Sementara itu, Komisioner Divisi Teknis Penyelengara Dedy Nataniel Mamboay menegaskan bahwa KPU Mimika sedikitpun tidak memiliki kewenangan melakukan perubahan-perubahan termasuk adanya rekomendasi dari partai politik untuk ada perubahan namun di tolak. 

 

“Kami tidak punya kewenangan untuk mengubah hasil pemilu. Kalau kami lakukan itu maka selain kode etik kamipun akan terkena pidana. Semua hasil itu sudah kita tuangkan dalam  DB1 kabupaten, DC1 Provinsi serta DD KPU Pusat,” tegasnya. 

Rencananya komisioner  KPU Mimika akan melaksanakan Pleno Penetapan Perolehan Kursi dan Hasil Pemilu Anggota DPRD Mimika Periode 2019-2024. Kamis (01/08/19),  Pukul 10.00 Wit di Graha Eme Neme Yauware akan 

Pleno penetapan tersebut berdasarkan Surat KPU Provinsi Papua kepada KPU Mimika pada pada 26 Juli, Nomor 534/PL.01-SD/91/Prov/VII/2019 tentang Penetapan Calon Anggota DPRD Kabupaten/Kota.

Sementara itu,   seluruh gugatan hukum yang dilayangkan kepada Komisioner KPU Mimika telah selesai melalui Putusan Dismissal oleh Hakim MK pada Senin (22/7) lalu.. (Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika